122Shares

Apa aja kelasnya

Pembagian kelas dalam AXCR

AXCR adalah cross country rally yang diselenggarakan bersama oleh 2 organizer, yaitu Ortev Thailand dan R1 Jepang.

Hingga tahun 2018, baru terdapat kelas motor, sidecar atau sespan, dan mobil.

Merk motor didominasi oleh Husqvarna dan KTM, di samping merk lainnya seperti Honda dan Yamaha. Sedangkan untuk sidecar semua peserta menggunakan Ural buatan Rusia. Untuk mobil sendiri didominasi oleh Isuzu dan Toyota, di samping merk lainnya seperti Suzuki, Mitsubishi, Jeep dan SsangYong.

Seluruh peserta di kelas motor digabung seluruhnya ke dalam nomor perorangan. Namun demikian, gabungan beberapa peserta bisa saja mendaftar tambahan untuk nomor team. Selain itu, khusus peserta wanita akan diberikan juga trofi khusus.

Untuk peserta mobil akan dibagi ke dalam 4 kelas, yaitu T1G (mobil bensin full modifikasi), T1D (mobil diesel full modifikasi), T2G (mobil bensin homologasi), dan T2D (mobil diesel homologasi). Peserta terbanyak ada di kelas T1G dan T1D. Untuk homologasi hanya terlihat di kelas T2D, yang hanya diikuti sekitar 3 peserta dan seluruhnya menggunakan Isuzu Dmax. Sedikitnya peserta homologasi ini bisa dimengerti karena tidak semua pabrikan mau merelakan produknya disertifikasi oleh FIA untuk bisa mengikuti kelas khusus dalam kompetisi otomotif, yang bisa diduga biayanya tidak kecil.

Di kelas mobil, driver dapat didampingi 1 co-driver, bisa juga dengan 1 lagi extra co-driver, yang berbeda biaya pendaftarannya. Khusus peserta dengan driver dan co-driver yang seluruhnya wanita akan diberikan juga trofi khusus.

Selain mengacu pada regulasi yang diberlakukan oleh induk organisasi olahraga otomotif di negara-negara yang dilalui peserta, untuk mobil juga mengacu pada sanksi Fédération Internationale de l’Automobile (FIA). Tidak heran jika beberapa peralatan untuk mobil seperti jok, seatbelt, dan tanki, serta racing gears seperti helm dan racing suit; memiliki syarat FIA homologation. Untuk motor, sejak tahun 2018 tidak lagi mengacu pada Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Nah, untuk teman-teman yang tertarik dengan AXCR atau apa itu cross country rally, gak ada salahnya mulai diintip regulasinya. Klik saja disini  .

— (rim)

122Shares
WhatsApp chat