Navigasi AXCR gimana cara bacanya

11Shares
ASIA CROSS COUNTRY RALLY

Cara Baca Navigasi di AXCR Bagaimana mereka melakukannya

Navigasi Reli di Asia Cross Country Rally adalah sangat penting untuk kinerja dan keselamatan para pembalapnya. Tujuannya adalah untuk tidak membuat kesalahan navigasi yang dapat mengakibatkan kecelakaan, penalti, hasil yang buruk, atau tersesat. – Kadex Ramayadi – AXCR2017

Kadex Ramayadi adalah senior offroad enduro yang sudah memakan asam garam offroad roda dua tanah air. Dalam 2 kali kesempatan dia ikut serta dalam AXCR.  Hasil terbaiknya adalah urutan 5 dan urutan 2 team. Hasil yang tidak bisa dipandang sebelah mata mengingat pesertanya adalah kelas dunia.

Dia mengungkapkan bahwa Navigasi adalah faktor yang sangat penting dalam Asia Cross Country Rally ini. 

“Membaca navigasi road book atau tulip yang biasanya ada logo-logo seperti tulang ikan, sebenarnya lebih akurat ketimbang membaca navigasi GPS elektronik seperti dari gadget. Karena di road book tulip ini, semua kondisi medan terbaca. Tinggal pesertanya saja yang pintar-pintar mengarahkan jalur yang dipilih agar bisa lebih cepat dari peserta lainnya,” jelas pereli kategori motor, Kadek Ramayadi kepada axcr2019.com  yang sering berlaga di Asia Cross Country Rally (AXCR).

Tentang road book tulip ini, semuanya sudah sesuai dengan standar yang digunakan FIM atau FIA dalam ajang balap rally lintas negara. Bahkan untuk Dakar Rally pun menggunakan sistem yang sama. Hanya kondisi yang berbeda seperti cuaca atau dingin, tingkat altitude, hingga spesifikasi teknis kendaraan.

Buku tulip yang berisi catatan untuk lomba hari berikutnya diberikan kepada masing-masing pembalap pada penyelesaian tahap sebelumnya. Pembalap biasanya memberikan tanda pada road book tulip ini untuk memberikan petunjuk yang jelas. Diantaranya :

  • Merah / Merah Muda untuk zona bahaya (I, II, III)
  • Hijau untuk perubahan arah
  • Biru untuk titik arah dan zona kecepatan
BACA JUGA  Dinner Time dengan Sahabat Japan @ Osaka Tower area (D3)

Alasan menggunakan warna adalah untuk dengan cepat menilai suatu situasi karena beberapa catatan cukup dekat satu sama lain. Jelas zona bahaya level II dan level III adalah zona yang tidak ingin membuat kendaraan anda rusak. Anda jangan sampai mengabaikannya. 

Lebih baik kehilangan beberapa detik karena rute yang bahaya daripada anda terjerembab karena Anda mengabaikannya, Anda tidak sinkron dengan road book, atau terlalu jauh dari jalur. Semua ini dapat mengakhiri balapan Anda terlalu dini.

Setiap catatan dalam buku jalan dipecah menjadi tiga bagian:

  1. Jarak
  2. Gambar
  3. Catatan

Roadbook Dakar Rally

Setiap kesempatan yang dimiliki pembalap untuk mengatur ulang trip master perjalanannya ke kilometer yang benar sangat penting. Gambar memberi Anda visual dari sekitarnya di sekitar Anda sehingga Anda tahu secara kasar di mana Anda berada, dan kolom ketiga memberi Anda detail yang lebih baik seperti titik arah untuk menemukan, kompas menuju dll.