8Shares

Christophe Barriere-Varju adalah pemenang 7x  Award Winning Film - Dream Racer - cerita tentang Rally Dakar yang terkenal . 
Mantan juara National Motocross dan sekarang juara Dakar, Christophe berbagi tentang kegemaranya, pengalamannya dan pengetahuannya setelah 30 tahun bertanding di seluruh dunia. Cerita ini disarikan dan diambil dari dreamracer.tv

Momen paling mengesankan yang saya alami adalah balapan di depan 220.000 penonton di Afrika Barat Motocross des Nations. Itu benar, itu bukan salah ketik – ada hampir seperempat juta orang menonton dan mendorong kami. Bayangkan lima stadion yang terjual habis di sekitar trek motocross sepanjang 2,5 km. Saya menang atas nama dan untuk Pantai Gading.

Sebagai anak yang tumbuh dengan 100% kelembaban di Afrika, Saya harus berlatih lebih cerdas dan ini adalah satu-satunya pilihan untuk mencapai puncak kemenangan. Sekarang, kegiatan reli telah mempertemukan saya dan beberapa hal yang ingin saya bagikan dengan Anda.

Tips Berkendara yang berguna

Sambil mempersiapkan reli, saya terus mengusap wajah saya. Rally tidak hanya tentang seberapa cepat Anda bisa finish atau tentang seberapa sehat Anda; tetapi juga tentang seberapa kuat mental atau emosional Anda, dan bagaimana Anda dapat menghadapi situasi yang putus asa dengan cara yang tenang, namun tetap teguh. Semua hal Itu penting, tetapi saya menyadari bahwa semua itu prasyarat yang harus anda miliki atau dikembangkan seiring waktu. Jadi lah petualang tangguh dan tidak cengeng.

Acara reli panjang adalah balap yang bermain dengan ritme. Anda berlomba dengan ritme yang anda harus atur sendiri. Anda mengatur waktu Anda untuk waktu yang anda lalui sendiri yang memungkinkan Anda untuk menyiapkan logbook Anda, makan, membantu mekanik Anda jika Anda memilikinya, dan tidur. Hal yang lain, seperti mengobrol dengan teman-teman Anda, boleh saja untuk hari-hari pendek saat istirahat, tetapi ketika Anda membalap rata-rata 600-800km per hari selama dua minggu berturut-turut, setiap menit adalah berharga, setiap ons energi adalah emas, setiap tetes air Anda minuman adalah surga.

Balapan di BrasilBalapan di Brasil

Saya menyadari ini adalah cara yang sulit ketika saya melaju salah satu putaran kejuaraan dunia lintas negara di Brasil. Saya sakit karena keracunan makanan dan tidak bisa makan atau minum apa pun – berat badan kehilangan 8 kg hanya dalam empat hari dari reli sembilan hari. Saya masih tidak ingat beberapa hari lagi kedepannya. Aku berlari ke tepi kemungkinan manusia dan nyaris tidak membiarkan lidahku jatuh ke tenggorokanku, secara harfiah.

BACA JUGA  Thailand– Jeerasak Suwanpeuch - Nissan

 

SAMPAI BATAS MAKSIMUM

Irama balapan dimulai dengan ritme latihan Anda. Anda tidak bisa berharap banyak jika Anda tidak melatih diri.  Anda harus melatih kemampuan tubuh Anda dan melihat tentang keterbatasan Anda sendiri.

Adegan dari film, Dream Racer

Keterbatasan itu bisa anda atasi dengan seiring berjalannya waktu. Jangan anda terlalu memaksakan diluar kemampuan anda, tetapi tetap lakukan latihan sesuatu yang Anda sukai. Tidak ada gunanya kecewa dengan hasilnya, berharap Anda bisa melakukan sesuatu yang berbeda selama balapan – itu sudah terlambat. Selama pelatihan adalah di mana seharusnya itu terjadi.

Saya terkadang menemukan diri berkata, “Oh, saya agak lelah hari ini, saya akan pergi untuk naik sepeda MTB besok atau latihan skilll naik motor nanti saja.” Tapi setiap kali saya ga jadi latihan saya tidur dengan perasaan bersalah karena saya tahu persis apa yang akan terjadi jika saya terus mengulangi pola perilaku malas ini dalam jangka panjang.

Adalah penting menjaga ritme latihan Anda di sana dan seimbangkan  dengan kegiatan lain sebaik mungkin.  Sebagian besar dari peserta adalah privateer, sama seperti saya, Cobalah melakukan sesuatu dengan cara sebaik mungkin sambil tetap bekerja, mencari dukungan sponsor dan mencoba mendapatkan hasil yang baik.  Kami tidak memiliki delapan jam untuk berlatih setiap hari, tetapi apa yang bisa kami lakukan adalah mengatur waktu dengan lebih efisien. Waktu ke bawah dapat digunakan untuk melakukan sesuatu. Gunakan atau kehilangan selamanya.

Secara pribadi saya mencoba memvariasikan latihan yang saya lakukan. Itu membantu saya mempertahankan “ritme minat” saya di sana. Saya melakukan beberapa kano untuk bekerja di bahu dan tubuh bagian atas. Saya mengendarai sepeda gunung untuk tubuh bagian bawah dan daya tahan tubuh. Saya memanjat batu untuk mengerjakan peregangan saya. Saya berenang untuk melatih pernapasan saya. Saya berlari di bukit pasir dan mendaki gunung untuk bekerja pada sistem cardio-vascular saya. Saya mempertahankan irama berbagai kegiatan dan mendengarkan apa yang tubuh saya rasakan seperti lakukan hari ini.

BACA JUGA  Takuya Ono

Lakukan saja setiap hari, bahkan berjalan-jalan / saya tahu bahwa jika Anda melakukannya dan Anda menyukai balapan, maka hanya masalah waktu sampai Anda mulai menaiki tangga dua-dua atau tiga-tiga hanya untuk melihat apakah Anda bisa melakukannya. Ada di dalam alam bawah sadar anda bukan?

Ketika hari dan bulan berlalu sebelum acara utama Dakar Rally menjadi perjalanan yang menyenangkan maka anda perlu terus tingkatkan ritme latihan ini. Ritme ini perlahan akan berkembang menjadi disiplin dan disiplin itu akan memberikan Anda hasil yang lebih baik pada akhirnya – atau tingkat kepuasan yang jauh lebih tinggi ketika Anda melihat bagaimana cara menggagalkan teman-teman Anda ketika Anda melepas helm dan masih bernapas melalui hidung Anda.

Cara mempersiapkan Reli Dakar

 

Tonton Dream Racer untuk kiat tambahan tentang cara menangani Reli Dakar

Anda tidak akan lelah di antara tahap-tahapan itu, Anda tidak akan merasakan nyeri otot lagi, dan perlahan–  lahan Anda akan merasa seperti mesin yang tidak merasa lelah dan tidak bisa berhenti, yang akan membuat Anda secara mental lebih kuat.  Ini membutuhkan waktu . Sadarlah bagaimana Anda berlatih dan Anda tidak akan menyesalinya.

Berlatihlah sedikit di awal dan selalu pastikan Anda membiarkan tubuh Anda beristirahat dengan cukup, selalu hindari terlalu banyak tekanan baik pikiran maupun latihan terlalu banyak pada diri Anda. Anda tidak akan memenangkan perlombaan pada hari perlombaan – Anda akan memenangkan perlombaan dengan latihan yang Anda lakukan. Perjalanan panjang atau perlombaan akan menjadi ujian akhir latihan yang anda lakukan.  Kerja keras dan latihan yang anda lakukan beberapa bulan sebelumnya. Tidak hanya akan membuat Anda berkendara dengan baik, tetapi Anda juga akan meminimalkan risiko cedera.

Akhirnya, tidak masalah apakah Anda menjadi yang pertama atau terakhir. Yang penting adalah Anda  telah mengejar impian Anda, ambil bagian kejuaraan kelas dunnia  dan Anda telah menyatakan tekad anda bahwa anda ikut berpartisipasi – sementara yang lain berharap mereka punya impian yang belum terwujud.

BACA JUGA  Lyndon Poskit Orang "Gila" di Dakar Rally

Selamat berlomba  !

email me info@axcr2019.com tekan tombol whatsapp yang hijau dibawah kiri ini untuk diskusi dengan team

 

WhatsApp chat