12Shares

Giniel de Villiers pimpin Dakar dan Loeb menang Stage 2

Sebastian Loeb

Motorsport Australia

DAKAR.COM

VIDEO

San Juan de Marcona – Pembalap Prancis Sebastien Loeb  memperoleh kemenangan pada tahap kedua Reli Dakar melaju melintasi bukit pasir yang menantang pada hari Selasa, karena saingan utama Stephane Peterhansel dan Nasser Al-Attiyah mengalami masalah di belakang.  Juara reli dunia sembilan kali Loeb, mengendarai Peugeot pribadinya sebagai privateer setelah keputusan pabrikan mobil Prancis untuk mundur dari Dakar, Dia menahan mobil Mini Nani Roma pada kilometer terakhir dari babak kedua dari sepuluh tahapan antara Pisco dan San Juan de Marcona dan unggul delapan detik.

“Hari ini semuanya sesuai dengan harapan dan kami merasa sangat senang,” kata Loeb yang naik ke posisi kelima secara keseluruhan pada pukul 1:56.

“Itu adalah tahap yang sulit, Anda perlu tahu kapan harus menyerang dan kapan harus memainkannya dengan benar. Kami tidak membuat banyak waktu pada akhirnya.”  ” Namu kami punya strategi yang tepat. Kami berlomba dengan istimewa dan tidak membuat kesalahan,” kata pembalap 44 tahun itu, yang melihat banyak pesaingnya banyak menderita masalah teknis atau taktis.

Pembalap Belanda, Bernhard ten Brinke, dengan mengendarai Toyota, berada di urutan ketiga dengan catatan waktu 1:20, sementara pembalap Afrika Selatan Giniel de Villiers berada di urutan keempat dan mengambil puncak klasemen dengan delapan tahapan tersisa.

Pembalap Prancis Peterhansel, yang telah memenangkan Dakar enam kali dengan sepeda motor dan tujuh kali dalam mobil, membayar harganya setelah Mini nya kandas selama 20 menit di bukit pasir, dan akhirnya menyelesaikan 15 menit di belakang Loeb.

“Saya terjebak dalam gundukan pasir dan jika bukan karena Cyril (Despres, sesama warga Prancis dan sopir Mini) menarik kami dengan tali, saya masih akan terjebak di sana,” canda Peterhansel setelah itu.

“Sebenarnya kami memiliki banyak masalah mulai dari gigi, wiper tidak bekerja dan AC rusak, jadi itu adalah hari yang menegangkan.”

Rekan setimnya  Peterhansel Attiyah, pemenang Dakar pada 2011 dan 2015, tidak menunjukan gigi seperti saat Etape pertama dan hanya bisa finis di urutan ke 11, dengan catatan waktu 7:37.

Pembalap Spanyol Joan Barreda dari Honda berada di urutan ketiga di bagian sepeda motor untuk tetap memimpin dalam klasemen keseluruhan karena juara bertahan Matthias Walkner dari KTM mengalahkan pembalap Amerika Honda Ricky Brabec dengan selisih 22 detik.

Pada hari Rabu, maka rute akan mengarakhan pengemudi melewati jalur special state sepanjang 331 km, terutama di bukit pasir lagi, antara San Juan de Marcona dan Arequipa.

12Shares
WhatsApp chat