6Shares

Reli Dakar akan berlangsung hanya di satu negara untuk pertama kalinya dalam sejarah, dengan Peru sebagai satu-satunya negara tuan rumah untuk Dakar 2019.

Rally Dakar ke 41 yang mengambil tempat di Amerika Selatan itu diungkapkan oleh penyelenggara reli pada hari Jumat, menyusul berita bahwa Chile keluar dari rencana mengambil potensi Dakar pada menit terakhir.

Rallt Ini terdiri dari 10 etape dan satu hari istirahat, semua berada didalam negeri Peru, mulai dan berakhir di ibu kota Lima. Start akan dimulai pada 6 Januari dan selesai pada 17 Januari 2019.

ASO awalnya berharap untuk rute yang dimulai di Chili dan berakhir di Ekuador, tetapi tidak mencapai kesepakatan dengan salah satu negara untuk bergabung dengan Peru.

Pembicaraan juga diadakan dengan Bolivia sebelum membuat keputusan akhir untuk mundur juga.

Direktur Reli Etienne Lavigne yakin bahwa, meskipun tidak ada negara yang tertarik untuk menjadi tuan rumah bagi Dakar, pantai, bukit pasir, dan jalur Peru akan tetap menarik untuk rally Dakar tahun 2019 ini.

“Kami tahu bahwa kami akan menarik para perally papan atas karena setiap tahun rally ini menjadi referensi tingkat tertinggi,” katanya kepada Autosport.

“Di Peru, kecelakaan [Sebastien] Loeb terjadi, dan Nani Roma ,menggambarkan bagaimana sulitnya medan yang akan ditempuh. Ini bukan tur atau perjalanan wisata ini adalah pertandingan tingkat dunia.

“Kami akan membangun tahap yang lebih teknis dan sulit karena jenis geografi pasir dan bukit pasir ini dan kami tidak dapat mengembangkan etapie khusus sejauh 400km dengan medan hanya pasir. Ini terlalu sulit.

“Kami akan mempersiapkan track setidaknya 70% tahapan pasir dan bukit pasir, serta dalam sejarah Dakar adalah selalu unik. Perubahan lain untuk 2019 adalah bahwa pesaing di kelas mobil dan truk akan digabung kembali dengan aksi di minggu kedua jika mereka tidak finish dari minggu pertama, tetapi akan memiliki klasifikasi sendiri sehingga mereka tidak mengganggu urutan awal. Ini tidak berlaku untuk pengendara sepeda dan quad.

Oke bagaimana dengan Asia Cross Country Rally ? nah medannya sama sulitnya bahkan untuk orang Eropa medan diasia lebih dasyat dan Sun Chlorella event ini lebih dasyat di bandingkan Dakar dimana jumlah hari yang sama dan benar benar lintas batas Negara.

Hm sepertinya tidak sabar untuk menunggu event AXCR 2019 Nanti….

WhatsApp chat