17Shares

Dakar Pindah Ke Arab di 2020

LONDON: Reli Dakar akan diadakan di Arab Saudi mulai tahun 2020, panitia mengumumkan minggu lalu, menawarkan kepada para pembalap sebuah “lanskap yang tidak diketahui dan medan yang belum dipetakan” alias medan yang masih misterius.  

“Setelah 30 tahun menemukan keindahan Afrika dan satu dekade petualangan menjelajahi lanskap spektakuler Amerika Selatan, bab baru dalam sejarah Dakar akan ditulis ketika reli terbesar dunia membuat debut Timur Tengah di Arab Saudi,”  demikian disampaikan oleh ASO dalam sebuah pernyataan yang disampaikan di Arab Saudi..

Dakar telah diadakan di Amerika Selatan sejak 2009. Reli  dengan tahapan khusus yang melelahkan ini sebelumnya diadakan di Afrika tetapi dipindahkan setelah ancaman teroris di Mauritania pada 2008.

Direktur Dakar David Castera menggambarkan relokasi ke Arab Saudi sebagai “perjalanan ke tempat yang tidak diketahui.”   Dengan pindah lokasi balapan ke Arab Saudi, tentu saja aspek itulah yang membuat saya terpesona,” kata Castera.  “Saya yakin bahwa perasaan seperti itu akan dirasakan oleh semua pembalap, dan kopilot. 

Castera mengatakan Arab Saudi mempersembahkan “geografi yang monumental, dibuat untuk rencana perjalanan yang paling berani dan menantang”.

“Kami dimanja oleh pilihan. Olahraga, navigasi, keinginan untuk melampaui diri sendiri: semua aspek ini secara alami akan tawarkan di wilayah .”

Pangeran Arab Saudi Abdul Aziz bin Turki Al-Faisal, Ketua Otoritas Olahraga Umum Saudi, mengatakan: “Visi dan bimbingan para pemimpin kami telah membuat impian dan ambisi kami tidak terbatas dan telah menetapkan dunia olahraga di Kerajaan pada arah kesuksesan yang luar biasa . Hari ini kami sangat senang mengumumkan bahwa Rally Dakar, sebuah acara dengan daya tarik global yang besar akan datang ke Kerajaan Arab Saudi dan Timur Tengah untuk pertama kalinya.

“Negara kami sangat bersemangat menanti kehadiran Dakar disini dan tujuan strategis kami adalah untuk memenuhi selera kami ketika kami bergerak lebih jauh menuju pencapaian Visi 2030.

“Dalam menyelenggarakan Reli Dakar, kami bertujuan untuk menghasilkan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan bagi para pengemudi karena mereka menemukan keindahan alam Saudi dan tontonan unik bagi penggemar olahraga motor tidak hanya di Arab Saudi tetapi juga di kawasan dan di seluruh dunia.”

Ketua federasi motor Arab Saudi Pangeran Khalid Bin Sultan Abdullah Al-Faisal menambahkan: “Saya selalu ingin berpartisipasi dalam Reli Dakar. Walaupun saya tidak beruntung mencapai ambisi itu, saya sekarang menjadi bagian dari mencapai impian yang jauh lebih besar bagi negara saya karena Dakar datang ke wilayah Timur Tengah untuk pertama kalinya.

“Visi dan dukungan Pangeran Mohammed bin Salman dan kepercayaan yang diberikan oleh presiden GSA, Pangeran Turki Al-Faisal, adalah kunci bagi upa

ya kami untuk mendapatkan hak  menyelenggarakan acara sebesar ini didunia.”

WhatsApp chat